Selasa, 29 November 2011

Ekspektasi penyelesaian utang Eropa menyebabkan bursa Asia menanjak

Ekspektasi penyelesaian utang Eropa menyebabkan bursa Asia menanjak
TOKYO. Pergerakan bursa Asia pagi ini tampak semangat. Pada pukul 09.35 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,3% menjadi 111,35. Sekitar enam dari sepuluh sektor yang ditransaksikan menghijau. Sedangkan dari tiga saham yang naik, hanya ada satu saham yang turun.

Sementara, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang naik 0,9%. Sedangkan indeks S&P/ASX 200 naik 0,1% dan indeks Kospi Korea Selatan naik 0,8%.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: Nintendo Co naik 2,1%, Hyundai Motor Co naik 0,7%, Daido Steel Co naik 6,3%.

Lonjakan bursa Asia pagi ini seiring optimisme investor bahwa pimpinan Eropa sudah kian mendekati penyelesaian krisis utangnya.

"Ada pengharapan bahwa tambahan bantuan bagi krisis utang Eropa akan diputuskan pada pertemuan Eropa bulan depan. Ekspektasi ini tidak akan bertahan lama dan pasar akan kembali gugup mendengar kabar dari Eropa," papar Fumiyuki Nakanishi, strategist SMBC Friend Securities Co.

Kenaikan pada pasar saham hari ini diprediksi terbatas setelah AS kehilangan outlook stabil untuk peringkat utang negaranya. Fitch Ratings menurunkan outlooknya menjadi negatif mengituti kegagalan kongres dalam menyetujui defisit anggaran AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar