Selasa, 29 November 2011

Bursa Eropa Melemah Tertekan Revisi Rating

Headline
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa jatuh pada awal perdagangan Selasa (29/11) setelah kemarin menguat. Pasar juga khawatir dengan penurunan rating sehingga memberi tekanan terhadap solusi krisis utang Eropa.

Indeks FTSE turun 0,3% ke 5.293, indeks CAC turun 0,6% ke 2.992 dan indeks DAX turun 0,55 ke 5.713. Indeks saham bluechip Eropa turun 0,3% dan indeks saham perbankan turun 1,01%, demikian mengutip yahoofinance.com.

"Reli kemarin hanya untuk jangka pendek. Meskipun semua retorika berharap pejabat Uni Eropa mengerti skala masalah yang ada," kata Jeremy Batstone-Carr, analis di Charles Stanley.

Harian Prancis melaporkan S&P dapat merevisi rating dari AAA menjadi negatif dalam beberapa hari ke depan. Sedangkan Moody's memperingatkan akan menurunkan rating utang subordinasi 87 bank dari 15 negara di tengah krisis yang ada. Pemerintah setempat dinilai kurang membantu perbankan mengatasi krisis likuiditas.

Sementara lembaga rating Fitch, menurunkan peringkat kredit AS dari prospek stabil menjadi negatif. Alasannya, Kongres AS telah gagal menyepakati pemangkasan defisit senilai US$1,2 triliun.

Fitch masih memberikan rating AAA yang mencerminkan penurunan kepercayaan dalam langkah-langkah fiskal berkelanjutan. Utang AS mengalami reli sejak akhir 2008.


"Ada pengakuan yang luas bahwa Anda tidak bisa hanya memangkas pengeluaran diskresionel. Anda harus benar-benar mengelola dan mengatur defisit," kata analis utang di Mitsubishi UFJ Securities USA Inc di New York.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar