Senin, 21 November 2011

Wakil PM China: Resesi Global Kronis

Headline.INILAH.COM, Jakarta - Sebuah resesi global jangka panjang tidak bisa dihindari dan China harus fokus pada masalah-masalah domestik.

"Satu hal yang kita dapat yakini di antara semua ketidakpastian adalah bahwa resesi ekonomi global disebabkan oleh krisis keuangan internasional yang akan menjadi kronis," ujar Wakil Perdana Menteri China Wang Qishan dikutip kantor berita resmi Xinhua seperti dilaporkan Reuters.

Komentar Wang adalah perkiraan yang paling bearish bahwa setelah para pembuat kebijakan top China tentang perekonomian dunia, dan kekhawatiran Beijing tentang lingkungan global yang memburuk bisa diterjemahkan menjadi dorongan bagi kebijakan pro-pertumbuhan dimestik.

China meluncurkan paket stimulus fiskal masif dengan harga 4 triliun yuan ($ 650 miliar) pada akhir 2008 untuk mencegah dampak besar dari krisis keuangan global.

Menurut Xinhua, Wang tidak berbicara pada saat ini tentang perubahan kebijakan utama, namun menegaskan kembali bahwa bank-bank harus lebih fleksibel untuk pinjaman sektor pertanian dan usaha kecil (UMKM). "Sedangkan untuk negara kami, yang bergantung pada permintaan eksternal, kita harus melihat situasi dengan jelas dan mengerhakan bisnis kita sendiri," ujar Wang dengan mengatakan itu mengacu pada ekspor.

Bnk Sentral China, yang kadang-kadang harus melaporkan ke Wang, yang bertugas di sektor keuangan China, mengatakan pekan lalu bahwa ia siap untuk menyempurnakan kebijakan moneter jika diperlukan.

Pada pertemuan para pejabat pemerintah daerah dan eksekutif keuangan di provinsi Hubei, Sabtu, Wang mengatakan lembaga keuangan lokal seperti bank komersial kota dan koperasi kredit tidak harus memperluas bisnis mereka di luar daerah mereka. Wang juga mendesak bank untuk mencermati situasi keuangan internasional. Xinhua tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar