Senin, 21 November 2011

Rupiah mencatatkan pelemahan terbesar di antara mata uang Asia hari ini

Rupiah mencatatkan pelemahan terbesar di antara mata uang Asia hari ini
KUALA LUMPUR. Mayoritas mata uang Asia mencatatkan pelemahan hari ini. Hal itu tercermin dari pergerakan Bloomberg-JPMorgan Asia Dollar Index yang sudah mencatatkan penurunan di hari ke enam.

Hari ini, rupiah mencatatkan pelemahan terbesar di antara mata uang regional lainnya, yakni sebesar 0,6% menjadi 9.075 per dollar pada pukul 10.15. Sedangkan ringgit Malaysia melemah 0,3% menjadi 3,1705 dan baht Thailand melemah 0,2% menjadi 31,04.

Salah satu sentimen negatif yang mempengaruhi mata uang Asia di antaranya spekulasi bahwa penentu kebijakan AS akan sulit mencapai kesepakatan mengenai pemangkasan defisit anggaran sehingga mendorong investor melepas aset-aset emerging market.

"Prediksi mengenai hasil perundingan defisit anggaran AS yang gagal akan menjadi sentimen negatif pasar mata uang dunia. Hal ini pula yang menjadi penyebab utama mengapa mata uang dan saham di pasar Asia mencatatkan penurunan. Pelaku pasar masih mencemaskan mengenai situasi di zona Eropa," jelas Rees Kam, senior strategist SJS Markets Ltd di Hongkong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar