Senin, 21 November 2011

Euro perkasa terdongkrak hasil pemilu Spanyol

Euro perkasa terdongkrak hasil pemilu Spanyol
TOKYO. Pergerakan euro pagi ini masih mempertahankan penguatan dari 18 November lalu. Pada pukul 08.39 waktu Tokyo, euro diperdagangkan di level US$ 1,3521 dari US$ 1,3525 di New York pada 18 November lalu. Sementara, posisi euro berada di level 103,94 yen dari 104. Sedangkan posisi dollar tak banyak mencatatkan perubahan di level 76,88 yen.

Penguatan euro pagi ini disokong sentimen positif dari Spanyol. Partai oposisi Spanyol memenangkan pemilu, sehingga mendongkrak spekulasi bahwa pemerintahan bari akan mendapat dukungan untuk melakukan pemangkasan anggaran negara serta mengurangi jumlah utang.

"Kemenangan Partai Rakyat dalam pemilu Spanyol sudah pasti menyebabkan pergerakan euro positif. Tapi saya rasa, ini hanya sentimen jangka pendek karena pasar juga tengah fokus pada pertemuan supercommittee AS untuk memutuskan defisit anggaran pada Rabu mendatang," jelas Derek Mumford, director Rochford Capital.

Asal tahu saja, Pimpinan Partai Rakyat Spanyol Mariano Rajoy memenangkan kursi mayoritas di Spanyol. Partai Rakyat memenangkan 186 dari 350 kursi di Kongres. Sementara, kandidat Partai Sosialis Alfredo Perez Rubalcaba hanya memenangkan 110 kursi. Perolehan kursi tersebut merupakan yang terburuk bagi Partai Sosialis sejak Spanyol memberlakukan demokrasi pada 1978 silam.

Rajoy mengajak rakyat Spanyol untuk bersama-sama memerangi krisis utang Spanyol. "Hari ini, sudah menjadi takdir kita untuk menjadi bagian dari Eropa. Kita akan berhenti menjadi masalah dan akan menjadi bagian dari solusi kembali," jelas Rajoy dalam pidatonya di Madrid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar