Rabu, 14 Desember 2011

Bursa Asia jatuh karena pertemuan The Fed mengecewakan

Bursa Asia jatuh karena pertemuan The Fed mengecewakan
TOKYO. Bursa saham Asia jatuh untuk hari yang kedua. Indeks MSCI Asia Pasifik tergerus 0,6% ke 113,64 pada pukul 9.18 waktu Tokyo. Sekitar tiga saham tumbang berbanding setiap satu saham yang menguat.

Sementara, indeks Nikkei 225 turun 0,25%. Lalu, indeks Kospi melemah 0,21%, dan indeks S&P/ASX 200 terkoreksi sebesar 0,38%.

Pasar regional tertekan setelah Federal Reserve menahan diri untuk mengambil langkah-langkah baru yang bisa memacu pertumbuhan ekonomi. Di sisi lain, rilis data penjualan ritel AS per November naik di laju paling lambat dalam lima bulan terakhir. Sentimen ini membenamkan prospek pendapatan bagi eksportir di kawasan Asia.

"Tidak ada hasil signifikan dari pertemuan The Fed, dan ini berimbas negatif pada pasar saham," ujar Shintaro Takeuchi, investment group manager dari Tokio Marine & Nichido Fire Insurance Co.

Beberapa saham terkoreksi tajam. Antara lain saham Sony Corp, yang 20% penjualannya di AS, tergerus 1,5% di Tokyo. Kemudian, saham Samsung Electronics Co, eksportir produk elektronik konsumen terbesar Korea Selatan turun 1,9% di Seoul. Saham perusahaan pertambangan terbesar dunia, BHP Billiton Ltd. tergelincir 1,3% di Sydney, setelah harga logam turun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar