Rabu, 14 Desember 2011

Pasar Pantau Pertemuan OPEC

Medium
INILAH.COM, Jakarta - Minyak mentah menggelegak naik menjelang pertemuan OPEC Rabu (14/120, namun anggotanya tidak mungkin untuk mengambil tindakan apapun untuk mengubah produksi.

Laporan bahwa Iran dapat menghalangi Selat Hormuz dalam latihan militer, dan rumor ini mendorong minyak melonjak Selasa. "Ada banyak rumor yang berputar-putar sekitar yang tidak ada hubungannya dengan OPEC," kata Addison Armstrong dari Tradition Energy seperti dikutip CNBC. "Ada rumor The Fed akan tidak mengumumkan langkah stimulus baru, ada rumor bahwa China akan membuat pengumuman akan melakukan pelonggaran moneter malam ini. Jika Anda memiliki hal-hal menarik terjadi dengan Iran dan pembali minyak China, itu cukup untuk menjaga harga melambung tinggi. "
Addison mengatakan Iran tidak mungkin untuk memblokir Selat Hormuz meskipun melaporkan akan mengancam karena itu bergantung pada pengiriman produk olahan ke Iran. Sekitar sepertiga dari pengiriman minyak mentah dilakukan melalui Selat itu.

Pertemuan OPEC adalah salah satu peristiwa yang lebih besar untuk pasar pada Rabu, dan pedagang juga akan memperhatikan Eropa akibat euro terus melemah akibat kekecewaan tentang tanggapan terhadap krisis utang negara.

Pertemuan OPEC terakhir enam bulan lalu berakhir dengan perpecahan sengit antara Arab Saudi dan produsen seperti Venezuela dan Iran. Menteri perminyakan Arab Saudi meninggalkan rapat dengan mengatakan kerajaan itu akan menghasilkan lebih banyak minyak untuk menebus hilangnya produksi Libya, meskipun ada keberatan dari anggota lain.

"Mereka lebih mengarah dalam suasana hati untuk kompromi setelah terakhir kali berkumpul. Mereka tidak ingin pertemuan lainnya gagal," kata Bhushan Bahree, Direktur Senior IHS CERA.

OPEC kemungkinan akan kembali ke output ceiling tidak tidak diperkirakan untuk mengatur kuota pada pertemuan Rabu.

"Indikasi terbaik adalah bahwa mereka akan menetapkan batas atas produksi sekitar 30 juta barel per hari pada semester pertama tahun ini. Permintaan minyak OPEC sepanjang tahun (2012) diperkirakan menjadi sedikit lebih dari 30 juta dan kemudian mereka akan kembali ketika mereka bertemu lagi pada bulan Juni, "kata Bahree.

Minyak mentah NYMEX naik 2,4 persen Selasa ke $ 100,14 per barel dan minyak mentah Brent, patokan untuk minyak mentah internasional, naik $ 2,42 menjadi $ 109,68 per barel.

Addison mengatakan Iran dan Venezuela mengagitasi pemotongan produksi untuk menaikkan harga minyak, tetapi mereka tidak akan berhasil. "Tampaknya mereka ingin menjaga harga kira-kira di mana mereka berada," kata Bahree dari OPEC.

Selain OPEC, pasar energi Rabu menunggu data persediaan minyak yang akan dirilis pada pukul 10:30 EST.

Rilis data hanya ekonomi seperti data impor untuk November akan keluar pukul 8:30 am, dan lelang obligasi 30 tahun pada pukul 1 p.m.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar