Senin, 19 Desember 2011

Bursa Eropa Melemah Dengan Kematian Kim

Medium
INILAH.COM, London - Kekhawatiran perlambatan ekonomi global yang semakin meningkat dengan kematian pemimpin Korut, Kim Jung Il telah menekan bursa Eropa pada perdagangan awal Senin (19/12).

Indeks FTSE turun 0,7% ke 5.349, indeks CAC turun 0,9% ke 2.943 dan indeks DAX turun 0,9% ke 5.648. Sektor migas memimpin pelemahan hingga 0,8% karena merupakan sektor paling terpukul dengan perlambatan ekonomi. Demikian mengutip yahoofinance.com.

"Ini adalah respon jangka pendek dari pasar dan saat ini belum ada investasi untuk jangka panjang. Saya prediksi pekan ini akan negatif dengan volume yang tipis," kata Joe Rundle, analis di ETX Capital.

Perhatian pasar saat ini tertuju pada ketidakpastian dari Korea Utara dengan kematian Kim Jung Il. Sentimen ini juga ditambah dengan pernyataan lembaga rating Fitch tentang tidak ada solusi yang kuat dalam mengatasi krisis Uni Eropa.

Kematian pemimpin Korut tersebut akan mendorong dolar lebih tinggi sehingga turun menaikkan minyak dunia di Asia. Sebab minyak ditransaksikan dalam denominasi dolar sehingga menjadi mahal.

Kim meninggal dalam perjalanan kereta api. Suasana berkabung langsung menyelimuti negara yang selama ini tertutup tersebut. Namun potensi ketegangan cukup tinggi karena memiliki program nuklir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar