Senin, 19 Desember 2011

Down Grade Eropa Jatuhkan Saham Asia

Medium
INILAH.COM, Jakarta - Saham Asia pada perdagangan Senin (19/12) awal melemah di tengah perjuangan pemimpin Eropa untuk meyakinkan pasar bahwa mereka akan mampu menangani krisis utang dan mencegah krisis utang global.

Reli saham AS gagal pada hari Jumat pekan lalu disebabkan Wall Street terpecah dalam menyikapi perkiraan bahwa data ekonomi AS memiliki sinyal yang lebih baik ke depan serta ketakutan bahwa krisis utang Eropa akan menjatuhkan ekonomi dunia.

Reuters melaporkan FTSE CNBC Asia 100 indeks, yang mengukur pasar di Asia, turun 0,7 persen.

Nikkei average Jepang turun akiabt kekhawatiran atas meningkatnya krisis utang zona euro setelah Fitch Ratings memperingatkan kemungkinan untuk mendowngrade rating kreting 7 negara Eropa pekan lalu. Indeks benchmark Nikkei jatuh 0,5 persen ke 8.362,75, sementara Topix kehilangan 0,4 persen menjadi 720.41.

Saham Seoul juga turun 0,6 persen akibat kegelisahan atas ancaman downgrade rating kredit zona euro yang melebihi perkiraan pemulihan dari data ekonomi AS. Penurunan indeks dipimpin saham teknologi blue chip, dengan Samsung Electronics turun 2,3 persen dan Hynix semiconductor melemah 2,3 persen. Indeks harga saham gabungan Korea (KOSPI) turun 1,4 persen ke 1.814,81.

Saham Australia jatuh 1,3 persen dalam perdagangan awal akibat keraguan terhadap langkah-langkah yang ditujukan untuk mengatasi krisis utang di zona euro.

Indeks benchmark Selandia Baru NZX 50 terdorong naik 0,2 persen ke 3.251,49.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar