Senin, 19 Desember 2011

Peringatan Fitch akan Eropa membuat wajah bursa Jepang muram

Peringatan Fitch akan Eropa membuat wajah bursa Jepang muram
TOKYO. Sebagian besar saham yang ditransaksikan di bursa Jepang melorot pagi ini. Pada pukul 09.31 waktu Tokyo, indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,6% menjadi 8.353,01. Sepanjang pekan lalu, indeks Nikkei sudah terpapas 1,6%. Sedangkan indeks Topix ditransaksikan turun 0,6% menjadi 719,18.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Jepang antara lain: Sony Corp yang turun 1,5%, Sumitomo Mitsui Financial Group Inc turun 1,1%, dan Tokyo Electric Power Co yang juga turun dalam pagi ini.

Aksi jual yang melanda bursa Negeri Sakura terjadi setelah Fitch Ratings mengingatkan akan kemungkinan memangkas peringkat utang sejumlah negara di Eropa. Kondisi itu menghapus optimisme pasar akan upaya pimpinan Eropa dalam menangani krisis utang yang sudah berlangsung selama dua tahun di benua biru.

"Situasi di Eropa masih akan sulit. Kita akan terus melihat adanya pemangkasan peringkat utang dari surat utang pemerintah dan perbankan. Pasar saham masih akan terpukul setiap pemangkasan tersebut dilakukan," jelas Kenichi Hirano, general manager and strategist Tachibana Securities Co di Tokyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar