Senin, 05 Desember 2011

Kecemasan meningkat, mata uang Asia kembali terdepresiasi

Kecemasan meningkat, mata uang Asia kembali terdepresiasi
KUALA LUMPUR. Mayoritas mata uang Asia hari ini mencatatkan pelemahan. Ringgit malaysia dan dollar Taiwan merupakan dua mata uang yang melemah paling dalam.

Asal tahu saja, Bloomberg-JPMorgan Asia Dollar Index mencatatkan penurunan di hari kedua. Sementara, pada pukul 10.50 waktu Kuala Lumpur, ringgit Malaysia melemah 0,6% menjadi 3,1385 per dollar. Pada 2 Desember lalu, ringgit sempat bertengger di posisi 3,1155, yang merupakan level paling perkasa sejak 9 November lalu. Sementara, dollar terdepresiasi 0,2% menjadi NT$ 30,204. Sedangkan yuan melemah 0,1% menjadi 6,3655.

Pelemahan mata uang Asia terjadi seiring kecemasan investor bahwa krisis utang Eropa akan memukul tingkat ekspor di kawasan regional, sehingga akan memangkas permintaan aset-aset emerging market.

"Risiko pelemahan masih mengintai mata uang Asia yang terpengaruh dari arus dana asing dan volatilitas dari Eropa. Dari segi ekonomi, kita akan mengalami penurunan permintaan juga," jelas Teck Kin Suan, ekonom United Overseas Bank Ltd di Singapura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar