Senin, 05 Desember 2011

Sentimen Eropa Buat Saham Asia Lebih Kokoh

INILAH.COM, Jakarta - Saham Asia pada perdagangan Senin (5/12) diawali dengan penguatan di tengah harapan pemimpin Eropa yang menyetujui rencana penyelamatan definitif untuk memecahkan krisis utang zona euro pada KTT penting minggu ini, diiringi sentimen pelaksanaan langkah-langkah penghematan awal dari Italia.

Reuters melaporkan investor diperkirakan akan melangkah dengan hati-hati dan khawatir pasar akan berbalik seperti kejadian minggu lalu, juga menyusul hasil pertemuan akhir tahun kebijakan moneter Bank Sentral Eropa yang akan dilakukan Kamis mendatang, dengan perkiraan akan memangkas proyeksi 2012.

FTSE CNBC Asia 100 indeks, yang mengukur pasar di Asia, naik 0,3 persen. Nikkei average Jepang naik, didukung oleh peningkatan sentimen terhadap situasi utang Eropa, tetapi ketidakpastian kondisi Eropa akhir pekan ini memungkinkan pasar akan berbalik negatif.

Nikkei naik 0,6 persen ke 8,694.91, sementara Topix naik 0,7 persen ke 748,90. Saham dari tiga perusahaan pengiriman terkemuka Jepang jatuh setelah harian bisnis Nikkei mengatakan Nippon Yusen, Kawasaki Kisen, dan Mitsui O.S.K. menyingkirkan 10% dari supertanker mereka setelah lari dari lemahnya pertumbuhan permintaan minyak mentah yang telah melemahkan harga barang. Nippon Yusen jatuh 0,6 persen, Kawasaki Kisen turun 1,5 persen, dan Mitsui O.S.K melemah 1,5 persen.

Saham Seoul dibuka naik tipis dibantu data pekerja AS yang positif, tapi kenaikan dibatasi peristiwa utama di Eropa minggu ini dan mengikuti reli tajam minggu lalu. Samsung Electronics naik 1,4 persen setelah Apple gagal meyakinkan hakim AS untuk memblokir Samsung dari menjual smartphone Galaxy dan tablet di pasar AS. Indeks harga saham gabungan Korea (KOSPI) naik 0,5 persen ke level 1.926,26.

Saham Australia naik untuk hari keenam, naik 0,6 persen setelah melompat 7,6% minggu lalu, didorong oleh langkah-langkah penghematan Italia dan perkiraan Australia yang akan menurunkan bunga. Perdana Menteri Italia Mario Monti meluncurkan 30 miliar euro ($ 40,3 miliar) sebagai paket langkah-langkah penghematan pada hari Minggu, menaikkan pajak dan meningkatkan usia pensiun. Benchmark S&P/ASX 200 indeks naik 25,6 poin ke 4.313,6. Indeks benchmark naik 1,4 persen pada hari Jumat.

Indeks saham benchmark Selandia Baru NZX 50 naik 0,1 persen ke 3.286,4. Di Asia Tenggara, indeks bencmark Singapura Straits Times turun 0,5 persen, sementara Malaysia KLCI diperdagangkan flat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar