Senin, 05 Desember 2011

Euro perkasa jelang pertemuan pimpinan Eropa

Euro perkasa jelang pertemuan pimpinan Eropa
TOKYO. Pergerakan euro pagi ini menguat atas dollar AS. Pada pukul 07.42 waktu Tokyo, euro menguat 0,2% menjadi US$ 1,3418 dari sebelumnya US$ 1,3391 pada 2 Desember lalu. Euro juga menguat 0,2% menjadi 104,67 yen. Sementara itu, dollar diperdagangkan tak banyak perubahan atas yen di posisi 78,02 yen.

Penguatan euro terjadi sebelum digelarnya pertemuan pimpinan Eropa pada pekan ini, di mana para pimpinan berupaya mencari solusi atas krisis utang di kawasan tersebut.

Dua sumber Bloomberg mngungkapkan, nilai dana proposal Eropa untuk menyalurkan pinjaman bank sentral melalui International Monetary Fund (IMF) diprediksi mencapai 200 miliar euro atau US$ 270 miliar.

Sang sumber juga mengungkapkan, pada pertemuan 29 November yang dihadiri oleh Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi, menteri keuangan Eropa menyetujui mengenai proposal tersebut.

Proposal tersebut menuliskan, bank sentral nasional akan melakukan recycle pendanaan melalui IMF. Sejumlah negara yang berpotensi mendapatkan pendanaan tersebut antara lain Italia atau Spanyol. Perekonomian kedua negara ini dinilai paling buruk saat ini.

"Bank Sentral Eropa tengah bersiap lebih lama seiring politisi berupaya menetapkan peraturam. Jadi sepertinya, sesuatu yang besar akan dirilis pada pertemuan minggu ini," jelas Khoon Goh, head of market economics and strategy ANZ National Bank Ltd di Wellington.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar