Kamis, 22 Desember 2011

Perkasa, dollar AS kian mendekati level terkuat dalam 11 bulan

Perkasa, dollar AS kian mendekati level terkuat dalam 11 bulan
TOKYO. Pergerakan dollar AS pagi ini tampak perkasa. Mata uang yang kerap dijuluki si hijau tersebut ditransaksikan berjarak 0,8% dari level tertingginya dalam 11 bulan terakhir versus euro. Pada pukul 07.58 waktu Tokyo, dollar berada di posisi US$ 1,3045 per euro dari sebelumnya US$ 1,3047 di New York, kemarin. Sedangkan nilai tukar dollar AS terhadap yen berada di posisi 78,04 yen dari sebelumnya 78,06 yen kemarin. Nilai tukar euro sendiri berada di posisi 101,79 yen dari sebelumnya 101,86 yen.

Penguatan dollar terjadi sebelum data yang dirilis pekan ini menunjukkan adanya peningkatan tingkat kepercayaan dan anggaran belanja konsumen AS. Kondisi itulah yang mendongkrak permintaan aset-aset finansial AS.

"Perekonomian AS saat ini sudah berada dalam jalur pemulihan. Adanya pemulihan ekonomi AS itu menghilangkan kemungkinan dilakukannya quantitative easing, sehingga menjadi katalis beli untuk dollar," jelas Kengo Suzuki, manager of the foreign bond department di Tokyo.

Sekadar tambahan, para ekonom yang disurvei Bloomberg memprediksi, indeks Thomson Reuters/University of Michigan yang mengukur tingkat kepercayaan konsumen AS akan naik ke posisi 68 pada bulan ini dari prediksi sebelumnya 67,7 dan 64,1 pada akhir November lalu. Itu akan menjadi level paling tinggi dalam enam bulan terakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar