Selasa, 10 Januari 2012

Inilah Saham Second Liner Pilihan Sesi Dua

INILAH.COM, Jakarta – Hingga penutupan sore, indeks saham domestik diprediksi bertahan pada teritori hijau. Saham-saham second liner mendapat rekomendasi positif.

Analis Panin Securities Purwoko Sartono memperkirakan, pergerakan indeks saham domestik bakal bertahan pada teritori positif hingga penutupan sore nanti. “Indeks akan bergerak dalam kisaran support 3.870 dan resistance 3.907,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Selasa (10/1).

Menurutnya, penguatan indeks hari iniseiringositifnya pembukaan rata-rata bursa Asia. Kondisi ini, dipicu oleh optimisme pasar atas data-data ekonomi AS yang dirilis belakangan ini terutama non-farm payrolls dan tingkat pengangguran AS akhir pekan lalu. “Selain itu, pasar juga mengantisipasi laporan keuangan untuk kuartal IV-2011,” ujarnya.

Yang terbaru,lanjut Purwoko, AS juga merilis positif data kredit konsumen yang angkanya bertambah di bulan November 2011 sebayak US$20,37 miliar. Menurut laporan Federal Reserve, kenaikan tersebut merupakan yang terbesar sejak 2001.

Sementara itu,pasar juga mengantisipasi Departemen Keuangan AS yang dijadwalkan menggelar lelang obligasi dengan tenor 3 tahun, 10 tahun, dan 30 tahun pada hari ini hingga Kamis (12/1). “Itulah faktor yang berpengaruh pada penguatan bursa saham di Asia sehingga berimbas positif pada IHSG,” kata Purwoko.

Di sisi lain, kata dia, secara teknikal, potensi kenaikan indeks hari ini sudah tampak sejak akhir sesi dua kemarin. “Jelang sesi penutupan kemarin, indeks tiba-tiba menguat setelah sepanjang hari mendapat tekanan negatif,” tuturnya.

Sementara itu, dari Eropa, market mendapat sentiment positif setelah Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan keinginannya agar Uni Eropa menyelesaikan negosiasi terhadap perjanjian baru dalam beberapa hari ke depan. Tujuannya, agar hasil negosiasi dapat disahkan pada 1 Maret 2012.

Di atas semua itu, Purwoko juga tidak menutup kemungkinan indeks masuk pada zona negatif sepanjang perdagangansesi dua. “Sebab, beberapa saham yang kemarin mengalami penguatan, justru sudah melai tertahan kenaikannya,” timpal Purwoko.

Dia cenderung merekomendasikan positif saham-saham second liner. Saham-saham pilihannya adalah PT Lautan Luas (LTLS), PT Bank Jabar Banten (BJBR), PT Sampoerna Agro (SGRO), dan PT Garuda Indonesia (GIAA). “Saya rekomendasikan speculative buy saham-saham tersebut. Jadi, spekulasi jangka pendek,” imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar