Selasa, 10 Januari 2012

Merkel-Sarkozy bertemu, Wall Street tersenyum

Merkel-Sarkozy bertemu, Wall Street tersenyum
NEW YORK. Mayoritas saham yang ditransaksikan di bursa AS ditutup dengan penguatan. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 naik 0,2% menjadi 1.280,70. Pada pekan lalu, indeks acuan AS ini mencatatkan kenaikan sebesar 1,6%. Sementara, indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,3% menjadi 12.392,69.

Saham-saham di sektor energi dan finansial merupakan dua sektor yang naik paling tinggi di antara sepuluh sektor lainnya. Sejumlah saham yang pergerakannya mempenngaruhi bursa AS antara lain: Alcoa Inc yang naik 2,9% serta Broadcom Corp naik 2,5%.

Salah satu faktor pendongkrak yang mempengaruhi bursa AS antara lain pertemuan pimpinan Eropa yang mendiskusikan strategi untuk memperkuat posisi euro. Selain itu, investor juga menunggu musim rilis laporan kinerja perusahaan kuartal empat.

"Kita akan melihat akan ada pertumbuhan kinerja pada tahun ini, namun tidak terlalu besar. Selama fundamental ekonomi AS bergerak ke arah positif dan selama investor merasa nyaman dengan aksi pimpinan Eropa dalam mempertahankan likuiditasnya, pasar akan ikut bergerak positif," papar Kevin Caron, market strategist Stifel Nicolaus & Co di New Jersey.

Seperti yang diketahui, kemarin, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy menggelar pertemuan untuk mencari jalan keluar dalam menyelamatkan euro dalam tiga bulan ke depan. Pimpinan Eropa ditargetkan akan menyelesaikan panduan anggaran terbarunya pada 30 januari mendatang. Mereka juga mempertimbangkan untuk meningkatkan kontribusi pemberian modal kepada badan keuangan bailout Eropa yang akan didirikan tahun inii untuk mengatasi krisis utang yang sudah mulai memasuki tahun ketiga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar