Kamis, 16 Februari 2012

Investasi Langsung Asing China Januari 2012 Turun

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Investasi Langsung Asing di China turun untuk bulan ketiga pada Januari akibat perlambatan pertumbuhan ekonomi dan krisis utang Eropa yang memaksa perusahaan untuk mengekang pengeluaran.

Bloomberg melaporkan investasi luar negeri turun 0,3 persen ke US$9,997 miliar bulan lalu dibanding periode serupa tahun sebelumnya seperti disampaikan Kementerian Perdagangan dalam sebuah pernyataan di Beijing hari ini. Pengeluaran turun 12,7 persen pada bulan Desember setelah terjadi kontraksi bulan sebelumnya, merupakan yang pertama sejak tahun 2009.

Dia pesimistis terhadap outlook investasi asing di China. Pelemahan pertumbuhan global dan perubahan kebijakan pinjaman luar negeri untuk beberapa industri kemungkinan akan menggerus keuntungan perusahaan tahun ini.

"Investasi asing masih akan tumbuh tahun ini meskipun kecepatan mungkin lambat karena pertumbuhan global yang lemah" ujar Fang Sihai, Kepaka Ekonom Hongyuan Securities Co. Beijing. "Tapi China akan terus sebagai tempat yang menarik bagi investor, terutama pada saat ekonomi utama lainnya sedang pulih perlahan-lahan.

Investasi asing naik 23,4 persen pada Januari tahun lalu ke US$10 miliar, data Kementerian menunjukkan.

Banyak perusahaan AS berencana untuk meningkatkan investasi mereka di China tahun ini , menurut sebuah survei dari Kadin Amerika di Shanghai yang dirilis kemarin. Disebutkan sebanyak 72% responden berniat untuk meningkatkan pengeluaran, dibandingkan dengan 72% di tahun 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar