Kamis, 16 Februari 2012

Penundaan bailout bikin bursa Eropa memerah

Penundaan bailout bikin bursa Eropa memerah
LONDON. Lagi-lagi, isu bailout Yunani menumbangkan pasar saham global. Setelah pasar Asia dan Amerika Serikat jatuh, giliran pasar saham Eropa yang tumbang.

Koreksi di pasar Eropa terlihat dari indeks acuan Euro Stoxx 600 yang tumbang sebesar 0,8% pada pukul 8.02 waktu London. Sementara itu, indeks Stoxx 50 terpangkas hingga 1,33%. Lalu, indeks FTSE 100 jatuh 1,03%, dan indeks DAX tergerus sebesar 1,55%.

Pasar cemas karena keputusan bailout Yunani ditunda hingga 20 Februari, dan Moody’s Investors Service mengatakan hal itu mungkin akan menyebabkan downgrade perbankan global. Penundaan bailout mencuatkan kekhawatiran Yunani akan kehabisan waktu untuk mencari dana talangan, sebelum batas jatuh tempo utang pada Maret mendatang.

"Dengan tidak adanya katalis segar, pasar pun pun kehabisan tenaga untuk lanjut reli," ujar John Woods, anali dari Citigroup Inc. Menurutnya, koreksi ringan jangka pendek kemungkinan akan terjadi. Kabar positif dari Yunani mulai berkurang, dan situasi malah justru semakin memburuk.

Pasar saham di benua biru juga kian tertekan, setelah Zurich Financial Services AG dan Societe Generale SA melaporkan pencapaian laba bersih di kuartal keempat meleset di bawah prediksi analis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar