Rabu, 27 April 2011

Pembobolan Rekening Tak Ganggu Kinerja Elnusa

http://www.detikfinance.com/read/2011/04/27/113252/1626563/6/pembobolan-rekening-tak-ganggu-kinerja-elnusa?f9911023
Jakarta - Pembobolan rekening deposito PT Elnusa Tbk (ELSA) di PT Bank Mega Tbk (MEGA) tidak akan mempengaruhi arus kas perseroan apalagi sampai mengurangi laba. Kemungkinan terburuk hanya faktor kepercayaan investor terhadap saham ELSA.

"Itu kan dana idle (deposito bobol) jadi tidak akan berpengaruh kepada kinerja, selama operasional mereka masih jalan," kata Research Analyst BNI Securities Deo Rawendra kepada detikFinance, Rabu (27/4/2011).

Menurutnya, yang paling mengkhawatirkan dalam kasus pembobolan dana ini adalah faktor psikologis terhadap investor. Secara jangka pendek investor akan lebih berhati-hati untuk membeli saham ELSA.

Tetapi untuk jangka panjang, kata Deo, sahamnya tak akan lagi terlalu terpengaruh oleh isu negatf ini. Bahkan, ia memprediksi harga saham Elnusa bisa tembus Rp 650 di akhir tahun ini.

"Tekanan jualnya kemarin cuma dua hari, hari ini sudah berhenti. Secara jangka pendek investor masih takut," ujarnya.

Sejak mencuatnya, kasus pembobolan rekening deposito itu, saham ELSA terus turun dari posisi terakhirnya di pekan lalu Rp 310 per lembar, menjadi hanya Rp 290 per lembar hari ini.

"Sentimen negatif seperti ini tidak akan bertahan lama, selama kegiatan operasional mereka tetap jalan nanti investor juga bisa lihat," jelasnya.

Seperti diketahui, manajemen Elnusa mengaku kebobolan hingga Rp 111 miliar, yang diduga ada keterlibatan oknum Bank Mega. Pembobolan dana dilakukan oleh Direktur Keuangan Elnusa yang telah dipecat, Santun Nainggolan melalui pencairan deposito on call.

Namun, Mantan Kepala Cabang Bank Mega Jababeka Itman Harry Basuki menolak disalahkan terkait bobolnya uang milik PT Elnusa Rp 111 miliar. Itman mengaku pencairan uang dilakukan sesuai prosedur.

Bank Mega pun menolak mengembalikan uang yang bobol tersebut. Meski demikian, Elnusa tetap 'ngotot' meminta pengembalian dana deposito itu. Upaya apapun akan dilakukan manajemen, demi hak atas dana operasional Elnusa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar