Rabu, 27 April 2011

Optimisme Ekonomi Dorong Penguatan Bursa Asia

INILAH.COM, Jakarta - Saham Asia Rabu (27/4) dibuka menguat disebabkan hasil kinerja perusahaan-perusahaan besar di Amerika Serikat kembali membangkitkan optimisme ekonomi dan harapan untuk meraup keuntungan lebih lanjut di pasar saham.

Reuters melaporkan CNBC Asia FTSE 100 Index naik 0,7 persen. Saham Tokyo naik setelah turun beberapa hari sebelumnya, mengikuti bursa AS yang naik didorong pendapatan perusahaan besar yang membaik.

Indeks Nikkei N225 naik 0,8 persen menjadi 9.632,73, sedangkan indeks Topix naik 0,6 persen menjadi 838,46. Saham Sony jatuh 0,7 persen setelah mengalami pelanggaran besar dalam jaringan video game online yang mengarah pada pencurian nama, alamat dan data kartu kredit dari 77 juta akun pengguna dan merupakan salah satu pembobolan keamanan Internet terbesar. Canon melaporkan penurunan laba usaha 5 persen pada triwulan I-2011 dan memangkas target tahunan akibat dampak bencana gempa bumi bulan lalu dan tsunami. Namun, sahamnya naik 5,9 persen.

Saham Seoul juga dibuka menguat didukung saham industri baja yang naik di tengah berita kenaikan harga produk ke depan. Saham Hyundai Steel naik 1,1 persen setelah berita pada Selasa malam perusahaan akan bergabung dengan POSCO, pesaing terbesarnya dalam meningkatkan harga produk domestik untuk mengimbangi kenaikan harga bahan baku. Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) naik 0,88 persen ke 2.225,66.

Saham Australia dibuka menguat setelah liburan akhir pekan selama 5 hari, didukung oleh kepercayaan pada prospek pertumbuhan ekonomi AS yang disebabkan pendapatan perusahaan yang membaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar