Rabu, 17 Agustus 2011

Nah Lho! Bursa Eropa Dibuka Negatif

Headline\
INILAH.COM, London - Kekhawatiran investor terhadap krisis utang Eropa membawa bursa saham Eropa melemah pada Rabu (18/8) pagi.

Indeks FTSE turun 1,1% ke 5.294, indeks DAX turun 1,8% ke 5.883 dan indeks CAC turun 1,2% ke 3.190. Pertemuan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy pada Selasa kemarin gagal menenangkan pasar, demikian dikutip dari yahoofinance.com.

"Hasil pertemuan itu tidak menyakinkan karena tidak ada rencana penerbitan obligasi euro," kata trader di Kepler Capital Markets, Patrice Perois di Paris.

ara pemimpin Eropa menolak gagasan penerbitan obligasi euro dan mengklaim dana bailout Uni Eropa sudah cukup mengatasi krisis. Namun justru ini yang mengkhawatirkan investor.

Kekhawatiran terhadap utang zona Eropa telah mendorong perdagangan saham Asia bergerak terlalu hati-hati. Hal ini mengikuti jejak Wall Street yang melemah dan euro juga turun 0,2% setelah tertekan dengan data PGB Jerman yang turun.

Perhatian saat ini tertuju ke Swiss yang akan membahas penguatan franc. Pasar memperkirakan akan dilakukan intervensi untuk mengurangi penguatan franc yang saat ini dinilai sebagai salah satu save haven dibandingkan dolar.

Bursa Asia bergerak mixed seperti indeks Hang Seng naik 0,2% ke 20.256, indeks Nikkei turun 0,5% ke 9.057, indeks Shanghai turun 0,2% ke 2.601 dan indeks ASX naik 1,35 ke 4.303.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar