Selasa, 27 September 2011

Kabar Pemulihan Eropa, Bursa Asia Menguat

Headline
INILAH.COM, Sydney - Saham Asia menguat tajam Selasa (27/9), menyusul apresiasi bursa AS, setelah laporan bahwa para pembuat kebijakan akan bertindak awal pekan depan, untuk lebih mendukung sistem keuangan Eropa.

Rebound dari posisi terendah dalam 52 pekan pada sesi sebelumnya, indeks Nikkei Stock Average naik 1,5%, indeks Kospi Korea Selatan melonjak 3,1%, dan indeks S & P / ASX 200 Australia naik 2,3%.

Spekulasi tumbuh di Eropa dan sesi perdagangan AS, dimana Bank Sentral Eropa akan memangkas suku bunganya dalam pertemuan pekan depan. Selain rencana yang mungkin diperkenalkan untuk membantu menopang keuangan Uni Eropa.

Rencana itu akan mencakup peningkatan besar dana yang tersedia untuk pinjaman melalui Dana Stabilitas Keuangan Eropa, serta suntikan besar modal ke perbankan Eropa yang dipilih.

"Politisi Eropa tampaknya bersedia mempersiapkan langkah-langkah tak terelakkan untuk membatasi penularan default Yunani," kata Julian Jessop di Capital Economics. Demikian dikutip dari Yahoo.com.

Perusahaan Asia membantu memimpin reli, termasuk perusahaan keuangan, dengan Sumitomo Mitsui Financial Group Inc naik 1,8% dan Mitsubishi UFJ Financial Group Inc naik 2% di Jepang. Sedangkan National Australia Bank Ltd menguat 3,5% dan Commonwealth Bank of Australia naik 2,3% di Australia.

Sektor perusahaan komoditas juga menguat, bersama dengan kenaikan minyak dan tembaga berjangka di perdagangan elektronik. Produsen bijih besi Fortescue Metals Group Ltd naik 4,4%, dan BHP Billiton Ltd naik 2,3% di Sydney. Perusahaan minyak Jepang Inpex Corp naik 2%, dan JX Holdings Inc naik 2,1%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar