Selasa, 27 September 2011

Spekulasi aksi bersama Eropa menyebabkan bursa AS melaju

Spekulasi aksi bersama Eropa menyebabkan bursa AS melaju
NEW YORK. Bursa AS ditutup positif kemarin malam. Pada pukul 16.00 waktu setempat, indeks Standard & Poor\'s 500 melonjak 2,3% menjadi 1.162,95. Padahal, pada transaksi sebelumnya, indeks S&P 500 sempat melorot 0,5%. Sementara itu, indeks Dow Jones Industrial Average melesat 2,5% menjadi 11.043,86. Ini merupakan kenaikan terbesar dalam sebulan terakhir.

Sejumlah saham berkapitalisasi besar yang pergerakannya mempengaruhi bursa AS adalah Bank of America Corp dan JPMorgan Chase & Co yang naik lebih dari 4,5%, Berkshire Hathaway Inc melonjak 8,6%, serta Boeing Co yang reli 4,2%.

Pergerakan positif bursa AS terjadi setelah pasar berspekulasi bahwa para penentu kebijakan Eropa akan melakukan sesuatu untuk mencegah krisis utang di kawasan Eropa semakin memburuk.

"Ada pernyataan positif yang berasal dari Eropa. Situasi di Eropa resiko dalam jangka pendek. Namun jika jika perekonmian terus melorot, pasti ada kemungkinan mengalami reli saham," urai Russ Koesterich, global chief investment strategist BlackRock Inc.

Catatan saja, sejak 30 Juni lalu, indeks S&P 500 sudah melorot 12%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar