Selasa, 27 September 2011

Pertama dalam empat hari, bursa Asia rebound!

Pertama dalam empat hari, bursa Asia rebound!
TOKYO. Mayoritas bursa saham Asia dibuka melaju pagi ini. Hal itu menyebabkan bursa acuan di kawasan regional rebound dari level paling rendah sejak Mei 2010 lalu.

Pada pukul 09.30 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 1,5% menjadi 110,65. Ini merupakan kenaikan pertama dalam empat hari terakhir. Pada pekan lalu, bursa Asia anjlok hingga 7,1%, penurunan terbesar dalam tiga tahun terakhir. Bahkan, dapat dikatakan, bursa Asia sudah masuk ke dalam kategori bearish market, setelah terjungkal lebih dari 20% dari posisi tertingginya pada 2 Mei lalu.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang naik 1,7% di Tokyo, indeks Kospi Korea Selatan naik 3,4%, dan indeks S&P/ASX Australia naik 2,2% di Sydney. Sedangkan indeks NZX 50 Selandia Baru naik 1,1% di Wellington.

Pergerakan positif bursa Asia terjadi setelah saham-saham perbankan di tengah spekulasi Eropa akan menemukan jalan keluar dalam mengatasi krisis utangnya. "Spekulasi bahwa Eropa akan mengambil kebijakan moneter sepertinya akan mendongkrak pasar saham," jelas Fumiyuki Nakanishi, strategist SMBC Friend Securities Co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar