Selasa, 27 September 2011

Sore ini, bursa Asia melaju 4,1%

TOKYO. Bursa Asia masih melaju kencang sore ini. Pada pukul 17.29 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 4,1% menjadi 113,44. Sekitar 16 saham melesat diantara satu saham yang melorot.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 2,8% di Tokyo, indeks Kospi naik 5% di Seoul, indeks Hang Seng naik 4,2% di Hongkong, dan indeks Shanghai Composite Index naik 0,9%. Selain itu, indeks S&P/ASX 200 juga melompat 3,6% di Sydney, yang merupakan lonjakan terbesar sejak Desember 2008. Sedangkan indeks NZX 50 Selandia Baru naik 1,2%.

Adapun saham-saham berkapitalisasi besar yang turut mempengaruhi pergerakan bursa Asia antara lain: HSBC Holdings Plc yang naik 3,6% di Hongkong, Canon Inc yang naik 4,3% di Tokyo, serta BHP Billiton Ltd yang naik 4,1% di Sydney.

Lonjakan pasar saham Asia hari ini terdongkrak spekulasi bahwa para pemimpin Eropa akan menemukan kata sepakat dalam menangani krisis utang di kawasan tersebut. "Tidak diragukan lagi pasar saham saat ini sudah oversold. Ada potensi yang sangat baik bagi pasar saham untuk rebound seiring reaksi poitif investor terkait kondisi di Eropa," papar Shane Oliver, head of investment strategy AMP Capital Investors Ltd.

Sekadar tambahan informasi, kemarin, bursa Asia melorot ke level paling rendah sejak Mei 2010 setelah anjlok 7,1% pada pekan lalu. Penurunan tersebut menyebabkan bursa Asia masuk ke dalam bearish market, yaitu suatu kondisi di mana suatu indeks melorot 20% dari posisi tertingginya pada 2 Mei lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar