Selasa, 27 September 2011

IHSG Hari Ini akan Rebound

INILAH.COM, Jakarta- Bursa saham domestik pada Selasa (27/9) diperkirakan akan rebound. Kalaupun ada koreksi, tidak akan terlalu dalam.

Kepala Riset MNC Securities Edwin Sebayang mengatakan, IHSG hari ini berpeluang berbalik arah dan rebound. Meskipun potensi koreksi masih terbuka, ia memperkirakan pelemahan yang akan terjadi hari ini tidak terlalu dalam, “Indeks sepanjang hari akan bergerak di kisaran support 3.250 dan resistant 3.437,” katanya kepada INILAH.COM.

Menurutnya, koreksi pada perdagangan kemarin disebabkan aksi forced sell sejumlah perusahaan efek terhadap saham-saham investor yang ditransaksikan dengan dana dari transaksi margin. Hal ini menekan bursa, “Sehingga aksi beli investor lokal yang cukup besar atas saham-saham pilihan, tidak mampu mengangkat indeks,” ujarnya.

Saat ini, Earning Per Share (EPS) indeks berada di sekitar 33% dan PER sebesar 12,9%. Ini adalah PER terendah dalam lima tahun terakhir. “Jadi ini adalah peluang besar bagi investor untuk masuk,” ucapnya.

Tidak jauh berbeda dengan pengamat pasar modal Irwan Ariston Napitupulu. Menurutnya, IHSG hari ini berpeluang rebound, karena secara teknikal sudah mengalami koreksi cukup dalam. “Pekan ini, IHSG bisa menyentuh level 3.600 lagi, asalkan tidak ada sentimen negatif baru dari eksternal,”ujarnya.

Sentimen positif lain berasal dari laporan keuangan yang akan segera dirilis emiten. Irwan memperkirakan, kinerja perusahaan kuartal ketiga 2011 akan membaik, sehingga bisa memberi dorongan bagi bursa untuk naik lebih tinggi lagi.

Sementara tim riset Etrading Securities memperkirakan, IHSG hari ini akan bergerak fluktuatif dengan kecenderungan menguat. “Indeks akan bergerak di kisaran 3.230-3.425,” katanya.

Beberapa saham pilihannya adalah Telekomunikasi Indonesia (TLKM) dam Mitra Adiperkasa (MAPI),”Saham-saham ini masih berpeluang menguat,” ujarnya.

Pada perdagangan Senin (26/9), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup anjlok 110,209 poin (3,22%) ke level 3.316,137, dengan intraday terendah di 3.217,95 dan tertinggi di 3.429,46. Perdagangan di Bursa Efek Indonesia didukung volume transaksi mencapai 5,381 miliar lembar saham, senilai Rp 5,572 triliun dan frekuensi 166.292 kali.

Sebanyak 25 saham naik, sisanya 263 saham turun, dan 35 saham stagnan. Asing masih mencatatkan aliran dana keluar, meski jumlahnya sudah berkurang ketimbang sesi awal. Transaksi jual bersih (net foreign sell) mencapai Rp114 miliar. Rinciannya adalah transaksi jual sebesar Rp1,976 triliun dan transaksi beli mencapai Rp1,861 triliun. [mdr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar