Selasa, 27 September 2011

Saatnya 'Buy on Weakness' Selektif

INILAH.COM, Jakarta – Setelah koreksi ke level 3.300-an seharusnya, IHSG technical rebound Selasa (27/9) ini. Saatnya buy on weakness selektif saham ASII, BMRI, BUMI, INDF, PTBA, SMGR, dan UNTR.

Pengamat pasar modal David Cornelis mengatakan hal itu. Menurutnya, IHSG akan bergerak dalam trading rangesupport 3.217dan resistance 3.427. Techincal rebound pada Jumat (23/9) pekan lalu adalahjuga sentimen positif bagi sinyal awal market melakukan technical rebound pekan ini.

Walaupun,imbuh dia, market masih terkoreksi lagikemarin karena pengaruh regional pada Senin (26/9). “Penuruan kemarin, sudah membuat IHSG menjadi sangat oversold dan undervalued,” katanya kepada INILAH.COM.

Pada perdagangan Senin (26/9),Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG )ditutup anjlok 110,209 poin (3,22%) ke level 3.316,137, dengan intraday terendah di 3.217,95 dan tertinggi di 3.429,46. Demikian pula indeks saham unggulan LQ45 yang turun 18,565 poin (3,15%) ke level 574,153.Berikut ini wawancara lengkapnya:

Setelah kembali anjlok ke evel 3.300, bagaimana Anda melihat arah IHSG berikutnya?
Seharusnya, IHSG sudah mulai reboundSelasa (27/9) ini. At least, indeks melakukan gerakan sideways (konsolidasi).Penurunan yang terjadi beberapa hari terakhir sudah terlalu jauh.Sudah oversold. Kondisi itu, bakal memicu bargain hunting di market. Di sisi lain, penurunan hingga level 3.300 sudah dapat dikatakan sebagai 'fairly valued' untuk investor kembali masuk ke pasar (re-entry the market).

Level support dan resistance-nya?
IHSG akan bergerak dalam trading rangesupport 3.217dan resistance 3.427. Techincal rebound pada Jumat (23/9) pekan lalu adalah sentimen positif bagi sinyal awal market melakukan technical rebound pekan ini. Walaupun, market masih terkoreksi lagi karena pengaruh regional pada Senin (26/9). Penurunan kemarin, sudah membuat IHSG menjadi sangat oversold dan undervalued.

Kalau begitu, hingga level berapa potensi penguatan IHSG pekan ini?
Saya perkirakan, kemungkinan besar hingga akhir pekan ini akan terjadi kenaikan hingga 3.700-an.

Bagaimana dengan kepanikan di market?
Kemarin, memang secara year to date closing, merupakan yang terendah selama 2011 ini. Tapi, terlihat aksi penjualan sudah mulai mereda,meskipun dari sisi demand belum ada peningkatan yang signifikan karena melihat kondisi market regional tadi yang dibuka turun cukup dalam.

Bagaimana dengan penguatan bursa Eropa?
Bursa Eropa kemarin mulai positif dan akan memberi sentimen yang baik bagi market Selasa ini dan ke depannya.

Kalau begitu, bagaimana strategi trading dalam situasi market seperti ini?
Saya rekomendasikan positif saham-saham yang potensial naik mengikuti market di grup Astra, perbankan, grup Bakrie, sektor konsumsi, pertambangan batu bara dan semen. Sebab, IHSG berpotensi akan rebound dalam waktu dekat.

Spesifik sahamnya?
PT Astra Internasional (ASII), PT Bank Mandiri (BMRI), PT Bumi Resources (BUMI), PT Indofood Sukses Makmur (INDF),PT Bukit Asam (PTBA, PT Semen Gresik (SMGR) dan PT United Tractor (UNTR). Saya rekomendasikan, buy on weakness selektif pada saham-saham tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar