Selasa, 27 September 2011

Ekonom AS: Masalah AS Lebih Serius dari Eropa

Ekonom AS: Masalah AS Lebih Serius dari Eropa
INILAH.COM, Jakarta - Pasar global telah tercabik-cabik dalam beberapa pekan terakhir karena ketidakpastian terhadap situasi utang Eropa.

Tapi investor terkenal Jim Rogers mengatakan ekonomi AS memiliki masalah yang lebih serius daripada Eropa. "Eropa memiliki beberapa keburukan, negara bangkrut, itulah Amerika. Kami memiliki Illinois yang lebih besar dari Yunani, kami memiliki California, kami memiliki New York, Anda tahu bahwa mereka negara yang cukup besar yang memiliki masalah ekonomi yang serius. Kami memiliki perencanaan pensiun di Amerika yang berada di 'bawah air'," ujar Rogers kepada CNBC Selasa (27/9).

Menurut Rogers, Amerika Serikat memiliki masalah yang lebih struktural ketimbang Eropa serta tingkat utang yang lebih tinggi. "Eropa memiliki beberapa masalah buruk, tapi entitas secara keseluruhan tidak mendekati utang AS. Mereka tidak memiliki defisit saldo perdagangan yang besar seperti yang kami lakukan," kata Rogers.

Investor telah mengkhawatirkan kurangnya respon terpadu dari Eropa. Para pemimpin mata uang tunggal telah dituduh berada di belakang kurva dan tidak bisa mengatasi krisis bahkan akibat pasar saham rontok. Tapi Rogers percaya bahwa Amerika, walaupun memiliki kebijakan fiskal tunggal, sebenarnya lebih buruk dalam hal situasi utang.

Rogers menegaskan pernyataannya sebelumnya yang menyatakan Yunani kemungkinan default, dan memuji perlawanan pembayar pajak Jerman untuk menyelamatkan negara yang sarat utang. "Saya tidak menginginkan bailout Yunani berikutnya jika saya orang Jerman atau Belanda atau Finlandia atau Austria," tambahnya.

Rogers mengatakan pengenalan obligasi euro akan menjadi langkah yang buruk karena akan memberikan kebebasan lebih besar bagi politisi Eropa untuk menghabiskan dana dan mengatakan rencana untuk menaikkan leverage Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF) merupakan ide yang buruk. "Ini hanya akan membuat kondisi akhirnya menjadi lebih buruk, karena mereka tidak berurusan dengan masalah," katanya. "Solusi untuk terlalu banyak utang adalah tidak menambah utang lebih banyak - meskipun apa yang mereka sepertinya pikirkan adalah seperti itu."

Rogers mengatakan akan membeli lebih banyak euro lebih jika para pembuat kebijakan mulai untuk memaksa hair cut utang di semua negara perifer Eropa, meskipun ia mengakui bahwa nasionalisasi parsial dari sistem perbankan akan dibutuhkan. "Jika mereka melakukan itu, akan sangat menarik," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar