Senin, 17 Oktober 2011

Bursa Asia masih melanjutkan reli pekan lalu

Bursa Asia masih melanjutkan reli pekan lalu
TOKYO. Pergerakan bursa Asia hari ini melanjutkan penguatan mingguan terbesar sejak Maret lalu. Pada pukul 17.09 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 2% menjadi 119,1. Dari setiap lima saham yang naik, hanya ada satu saham yang turun.

Sejumlah indeks acuan Asia yang melonjak hari ini adalah: indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang sebesar 1,5%, indeks S&P/ASX 200 Australia naik 1,7%, indeks Kospi Korea Selatan naik 1,6%, indeks Hang Seng Hongkong naik 2%, dan indeks Shanghai Composite China naik 0,4%.

Kenaikan indeks tersebut disokong oleh aksi beli atas saham-saham berkapitalisasi besar. Misalnya saja BHP Billiton Ltd yang naik 2,1% di Sydney, National Australia Bank Ltd yang naik 1,9% di Sydney, Esprit Holdings Ltd naik 7,9% di Hongkong, serta Sony Corp naik 5% di Tokyo.

Rupanya, investor kini tak lagi mencemaskan kondisi Eropa setelah para pemimpin dunia yang tergabung dalam G-20 mendukung strategi Eropa dalam mengatasi krisis di kawasan tersebut.

"Yang terpenting adalah adanya kesepakatan awal bagaimana mengatasi masalah krisis utang di Eropa. Terbentuk visi dan komitmen bersama dalam mengatasi krisis," jelas Angus Gluskie, dari White Funds Management di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar