Senin, 17 Oktober 2011

Kinerja Emiten Akan Kembali Angkat Saham Eropa

Headline
INILAH.COM, London - Saham Eropa diperkirakan akan dibuka menguat Senin (17/10) setelah ditutup naik pada Jumat, menandai kenaikan minggu ketiga berturut-turut.

Mengutip CNBC, indeks FTSE diperkirakan naik 47 poin, indeks DAX di Frankfurt naik 40 poin, dan indeks CAC 40 naik 26 poin. Berita kinerja sejumlah perusahaan Eropa yang diumumkan Jumat yang lebih baik dari perkiraan menjadi pendorong saham naik, sedangkan data rirel AS yang positif juga mendukung sentimen investor ritel.

Saham teknologi memiliki perform yang baik, meningkat sebesar 2,1 persen menyusul hasil pendapatan positif dari perusahaan software Jerman SAP.

Saham di Asia juga naik mengikuti keuntungan saham di Eropa dan di Wall Street pada Jumat karena para investor tetap optimis bahwa KTT Uni Eropa minggu ini akan menemui beberapa cara untuk memecahkan krisis utang negara di zona euro.

Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble memperingatkan pada hari Minggu bahwa writedown utang Yunani harus lebih besar dari kesepakatan pada bulan Juliyang disepakati 21 persen dan pembuat kebijakan zona euro akan mencoba untuk meyakinkan bank untuk menerima kontrak baru.

Surat kabar harian Spanyol El Mundo melaporkan Minggu bahwa stress test bank Eropa baru yang bisa dilakukan haircut hingga 20% pada utang pemerintah Spanyol yang berjuang dalam upaya rekapitalisasi bank. Surat kabar, mengutip sumber melaporkan haircut akan kehilangan sekitar 46 miliar euro ($63,7 miliar) untuk bank Sapnyol dengan kepemilikan utang yang besar. Beberapa kabar baik bagi investor muncul di edisi Senin dari surat kabar Inggris The Guardian, yang melaporkan bahwa Uni Eropa berencana untuk meluncurkan program infrastruktur senilai 50 miliar euro ($69 miliar) untuk menciptakan ratusan ribu pekerja.

Rilis perusahaan keluar pada hari Senin, termasuk perusahaan elektronik Belanda Philips, di mana perusahaan melaporkan laba kuartal ketiga sebelum pajak yang mencatatkan pendapatan kotor sebesar 273 juta euro, turun tipis dari perkiraan Reuters sebesar 334 juta euro.

Transportasi Swiss dan perusahaan logistik Kuehne + Nagel akan mengumumkan hasil kuartal ketiga pada pukul 06:45. Societe Generale Matthew O'Keefe memperkirakan bahwa aba bersih perusahaan bisa jatuh sebanyak 8,3 persen dan perusahaan akan Squawk Box pada pukul 7:45.

Di Yunani, pejabat departemen keuangan, termasuk pejabat inspektur pajak akan mulai sembilan hari pemogokan melawan langkah-langkah penghematan yang diberlakukan oleh pemerintah, sementara di London akan terus protes di City sebagai bagian dari serangkaian protes global terhadap bisnis besar dan perbankan.

Di Portugal, Senin adalah batas waktu untuk pengiriman anggaran 2012, yang mana Perdana Menteri Passos Coelho mengakui akan menjadi yang paling sulit untuk dilakukan dalam sejarah hidup. Koran Portugis Jornal de Negocios melaporkan bahwa pemerintah memperkirakan perekonomian menyusut sebanyak 3 persen tahun depan.

Data ekonomi yang keluar pada hari Jumat, termasuk buletin bulanan di Bundesbank pada pukul 11:00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar