Senin, 17 Oktober 2011

Dukungan G-20 atas Eropa mendongkrak bursa Asia

Dukungan G-20 atas Eropa mendongkrak bursa Asia
TOKYO. Sebagian besar indeks acuan di pasar saham Asia ditransaksikan positif pagi ini. Indeks Nikkei 225 Stock Average, misalnya, pagi ini naik 1,5%. Sementara, indeks S&P/ASX 200 Australia naik 1,6%, dan indeks Kospi Korea Selatan naik 1,2%. Alhasil, pada pukul 09.40 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 1,1% menjadi 118,09.

Kenaikan indeks acuan Asia ini juga disokong oleh lonjakan saham-saham berkapitalisasi besar. Beberapa di antaranya: BHP Billiton Ltd yang naik 2% di Sydney, National Australia Bank Ltd yang naik 2% di Sydney, dan S-Oil Corp yang naik 5,9% di Seoul. Selain itu, ada pula Sony Corp yang naik 4,4%. Sedangkan Olympus Corp turun 20% setelah lima broker asing memangkas rating prediksi harga sahamnya.

Pergerakan bursa Asia yang positif terjadi setelah pimpinan G-20 menyokong rencana dalam mengatasi krisis utang Eropa pada pertemuan yang berlangsung di Paris.

"Persyaratan penting terkait pemecahan atas permasalahan krisis kredit Eropa menjadi komitmen bersama untuk mengatasi masalah ini," jelas Angus Gluskie dari White Funds Management di Sydney.

Sekadar tambahan, kemarin, pimpinan Eropa mengemukakan strateginya dalam pertemuan menteri keuangan dan pimpinan bank sentral dari G-20 di Paris. Mengingat situasi ekonomi dunia yang saat ini tengah melambat, mereka sepakat untuk segera menyelesaikan strategi yang disusun pada pertemuan 23 Oktober mendatang di Brussels. Mereka juga berencana untuk memaksimalkan dana bailout untuk memuluskan rencana ini dengan dana 440 miliar euro (US$ 611 miliar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar