Senin, 24 Oktober 2011

KTT Positif, Saham Eropa Cenderung Naik

Medium
INILAH.COM, London - Saham Eropa Senin (24/10) diperkirakan akan dibuka flat cenderung naik setelah pertemuan puncak, di mana para pembuat kebijakan bergerak mendekati kesepakatan rekapitalisasi bank dan rincian yang berkaitan dengan Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa.

Mengutip CNBC, indeks FTSE diperkirakan menguat, indeks DAX di Frankfurt dibuka naik 44 poin, dan indeks CAC 40 naik 22 poin. Di Asia, saham naik di tengah berita kemajuan KTT di Brussel, tetapi memunculkan keprihatinan atas tingkat kerugian pemegang obligasi swasta dari pemerintah Yunani. Kesepakatan akhir telah ditunda sampai Rabu, tetapi perbedaan pendapat antara Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel terkait Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa dalam hubungan dengan Bank Sentral Eropa tampaknya telah diselesaikan, dengan Sarkozy kembali pada kesediaan untuk penggunaan dana ECB secara tak terbatas untuk tujuan bailout.

Dow Jones melaporkan pada Minggu malam bahwa ada konsensus di antara para pemimpin, di mana bank harus melakukan haircut sekitar 50% terhadap kepemilikan obligasi Yunani mereka. Sebuah sumber mengatakan bahwa Jerman dan negara zona euro akan melakukan haircut lebih dari 60%, tapi Perancis dengan aset yang signifikan di Yunani, mau haircut sekitar 40%. Bank Belanda ABN Amro telah berjanji untuk membeli aset keuangan bank zona euro, laporan FT pada Senin.

Presiden Prancis Nicolas Sarkozy diperkirakan wawancara TV pada hari Senin di KTT Brussel selama akhir pekan dan menjelang pertemuan G20 di Cannes pada akhir November. Di London, Anggota Parlemen telah mengatur untuk memilih apakah Inggris harus mengadakan referendum tentang keanggotaan Uni Eropa di tengah krisis utang di zona euro yang sedang berlangsung. [cms]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar