Senin, 24 Oktober 2011

China dan Eropa Angkat Bursa Asia

Headline
INILAH.COM, Sydney – Saham Asia naik untuk hari kedua. Hal ini setelah data menunjukkan manufaktur China dapat meningkat pertama kalinya dalam empat bulan dan langkah para pemimpin Eropa menuju strategi mengatasi krisis utang daerah.

Indeks MSCI Asia Pacific pada Senin (24/10) meningkat 2,7% menjadi 119,07 pada pukul 4:43 di Tokyo. Indeks pekan lalu mengalami penurunan mingguan terbesar dalam sebulan, setelah Jerman mengatakan tidak akan ada perbaikan cepat untuk krisis utang, dalam pertemuan puncak akhir pekan para pemimpin Eropa di Brussels.

"Ekspektasi ekonomi menjadi tertekan selama September, meredam tanda-tanda perbaikan dalam prospek ekonomi yang memiliki efek positif pada pasar," ujar Nader Naeimi, strategist AMP Capital Investors Ltd di Sydney. "Tidak ada tanda yang jelas dari perpecahan antara pemimpin Eropa, tetapi ada juga beberapa kekecewaan karena hal penting tidak diumumkan."

Di Jepang, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1,9% setelah laporan menunjukkan ekspor naik lebih dari yang diharapkan bulan lalu. Di Korea Selatan, indeks Kospi naik 3,3% dan di Australia, indeks S & P / ASX 200 naik 2,7%.

Di China, indeks komposit Shanghai naik 2,3%, setelah laporan menunjukkan manufaktur China dapat meningkat pada Oktober. Di Hong Kong, indeks Hang Seng melonjak 4,2%, tertinggi di antara indeks Asia Pasifik.

Saham Asia melanjutkan kenaikannya setelah rilisnya data manufaktur China dan data ekspor Jepang. Hal ini mengisyaratkan bahwa dua ekonomi terbesar Asia menahan krisis utang Eropa.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 naik 0,3% hari ini, menghapus kerugian 0,7%. Indeks naik 1,9% pada 21 Oktober, mencatatkan reli terpanjang mingguan sejak Februari, karena pemerintah Eropa dinilai menggelontorkan dana US$1,3 triliun untuk menjinakkan krisis.

Pemimpin Eropa di Brussels merencadanakan memulihkan perbankan, mencari strategi untuk mengatasi krisis utang. KTT krisis manajemen ke-13 dalam 21 bulan tanpa restrukturisasi paksa utang Yunani, menempel pada kebijakan pemegang obligasi untuk membantu memulihkan keuangan negara. Solusi lengkap untuk dana penyelamatan akan dirilis pada Rabu (26/10).

Eksportir Jepang menguat setelah laporan menunjukkan pengiriman meningkat lebih dari yang diperkirakan pada September, karena naiknya permintaan untuk mobil dan suku cadang mobil. Ini mengindikasikan pemulihan dalam pengiriman telah menahan pelemahan ekonomi global.

Honda Motor Co, produsen mobil yang mendapat lebih 80% dari penjualan luar negeri, naik 2,6% di Tokyo, setelah Jepang melaporkan perkiraan ekspor yang lebih baik dari estimasi. Toyota Motor Corp,produsen mobil terbesar dunia berdasarkan nilai pasar, naik 1,3% dan Suzuki Motor Corp, produsen mobil keempat Jepang dari penjualan, naik 2,7%.

Bridgestone Corp, produsen ban, melonjak 4,1%. Perusahaan ini ingin meningkatkan penjualan tahunan menjadi 3,6 triliun yen (US$ 47 miliar) pada 2012 karena memperluas produksi di China untuk memenuhi permintaan yang terus naik.

Samsung Engineering Co, konstruksi dan perusahaan rekayasa terbesar Korea Selatan dari nilai pasar, melonjak 6,3%, setelah laba operasi kuartal ketiga perusahaan naik lebih dari dua kali lipat.

Perbankan China reli setelah Barclays mengatakan bank Hong Kong yang terdaftar mungkin akan membukukan rata-rata pertumbuhan laba 32% pada kuartal ketiga. Industrial & Commercial Bank of China melonjak 6,3%. China Construction Bank Corp, bank terbesar kedua, naik 3,7%. Bank of China Ltd meningkat 5,3%.

Manufaktur China mungkin berkembang pada Oktober untuk pertama kalinya dalam empat bulan, setelah kontraksi terpanjang sejak 2009. Angka 51,1 untuk indeks yang dirilis HSBC Holdings Plc dan Markit Economics adalah yang tertinggi dalam lima bulan, dibandingkan angka terakhir di 49,9 untuk September dan Agustus. Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi.

Produsen bahan baku naik atas kenaikan harga tembaga dan minyak berjangka. BHP Billiton naik 3,2% di Sydney. Rio Tinto Group, pertambangan terbesar kedua dunia dari penjualan, melonjak 4,9%. Inpex Corp, penjelajah energi terbesar Jepang, meningkat 3% di Tokyo. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar