Senin, 24 Oktober 2011

Spekulasi Fed, Dolar Turun di Asia

Medium
INILAH.COM, Singapura - Dolar AS melemah terhadap 14 dari 16 mata uang utama di Asia pada Senin (24/10) setelah Fed akan mempertimbangkan langkah pelonggaran untuk meningkatkan ekonomi AS.

Bursa saham Asia menguat dengan ekspektasi data manufaktur China bulan Oktober yang positif. Kurs euro naik setelah Menkeu Prancis menyatakan keyakinannya terhadap pencapaian kesepakatan Uni Eropa dalam mengatasi krisis pada Rabu mendatang.

Namun kurs yen tergelincir setelah Menkeu Jepang akan mengambil langkah jiga diperlukan untuk mengatasi pelemahan mata uang.

"Pasar yakin bahwa Fed akan mengumumkan semacam pelonggaran lebih lanjut untuk mendukung perekonomian AS," kata Junichi Ishikawam analis di IG Market Securities Ltd di Tokyo, seperti dikutip dari yahoofinance.com.

Dolar melemah 0,3% menajdi US$1,3940 per euro di London. Sementara yen melemah menjadi 76,33 dari 76,29 pada pekan lalu. Sedangkan euro naik 0,3% menjadi 106,37 yen.

The Fed telah memmbeli US$2,3 triliun surat utang sejak 2008 dalam dua putaran. Bank sentral AS ini berharap dapat meningkatkan ekonomi AS yang belum pulih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar