Jumat, 18 November 2011

Harga emas mencatatkan penurunan terbesar dalam tujuh pekan

Harga emas mencatatkan penurunan terbesar dalam tujuh pekan
NEW YORK. Kemarin malam, harga kontrak emas mencatatkan penurunan terbesar dalam tujuh pekan terakhir. Pada pukul 13.40 waktu New York, harga kontrak emas untuk pengantaran Desember turun 3% menjadi US$ 1.720,20 per troy ounce di Comex, New York. Ini merupakan penurunan terbesar untuk kontrak emas yang paling aktif diperdagangkan sejak 23 September lalu.

Penurunan harga kontrak emas ini terjadi setelah harga komoditas dan pasar saham anjlok akibat pernyataan Fitch Rating. Seperti yag diketahui, kemarin, Fitch mengungkapkan, perbankan AS tengah menghadapi risiko serius dari krisis utang Eropa.

Asal tahu saja, indeks MSCI World kemarin mencatatkan penurunan di hari ke empat. Sedangkan Standard & Poor's GSCI Index dari 24 bahan baku mencatatkan penurunan terbesar dalam delapan minggu terakhir.

"Adanya kemungkinan penyebaran krisis utang Eropa menyebabkan harga komoditas, termasuk di dalamnya emas, tertekan. Ini merupakan penurunan yang cukup besar," jelas Miguel Perez-Santalla, sales vice president Heraus Precious Metals Management di New York.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar