Jumat, 18 November 2011

Hold Saham CPO, Menarik Hingga Akhir Tahun

INILAH.COM, Jakarta –Saham-saham sektor CPO sudah mengalami pergerakan yang berarti sehingga menarik untuk di-hold hingga akhir tahun. Inilah saham-saham pilihannya.

Pengamat pasar modal Willy Sanjaya mengatakan, saham-saham sektor Crude Palm Oil (CPO) mengalami pergerakan yang berarti kemarin sehingga bisa melanjutkan penguatan akhir pekan ini. Menurutnya, trading harian bisa berlaku untuk saham-saham di sektor ini. “Tapi, untuk di-hold hingga akhir tahun pun menarik,” katanya kepada INILAH.COM.

Pada perdagangan Kamis (17/11) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG ) ditutup melemah 21,84 poin (0,57%) ke level 3.792,253. Harga intraday tertingginya mencapai 3.813,72 dan terendah 3.781,393. Begitu juga dengan indeks saham unggulan LQ45 yang turun 5,26 poin (0,78%) ke level 673,254.Berikut ini wawancara lengkapnya:

Setalah sebelumnya menguat tipis, IHSG kembali melemah kemarin. Apa yang terjadi?
Selama November 2011, pola naik turun masih akan mewarnai market. Sebab, trading dilakukan sambil pasar mengantisipasi baik berita positif maupun negatif dari Eropa.

Tapi,terlepas dari faktor Eropa, investor asing tetap berposisi net buy hingga mencapai Rp2,4 triliun pada perdagangan kemarin meskipun hanya terjadi di satu saham yakni PT Golden Energy Mines (GEMS) di pasar negosiasi.Tapi, ini tetap menandakan, investor asing masih tertarik ke pasar Indonesia. Buktinya, mereka berani melakukan pembelian dengan nilai yang sangat fantastis.

Apalagi, investment grade bakal segera diraih Indonesia sehingga market di Tanah Air bakal menjadi ladang investasi yang menarik bagi investor terutama asing.

Kalau begitu, bagaimana arah IHSG akhir pekan ini?
Saya perkirakan, IHSG berpeluang bergerak dalam kisaran yang cukup lebar dengan kecenderungan menguat dalam kisaran support 3.771 dan resistance 3.838. Saya perkirakan, akhir pekan ini, indeks akan kembali memecahkan level 3.800-nya. Sebab, Dow Jones pun berpeluang kembali ke level psikologis-nya 12.000.

Bagaimana dengan berlarut-larutnya krisis utang Eropa?
Berlarut-larutnya krisis utang Eropa, semata faktor krisis ekonomi yang diperparah dengan krisis politik. Jadi,krisis politik di Eropa jadi lebih kental dibandingkan krisis ekonomi yang sebenarnya. Sebab, jika Eropa berkeinginan menyelesaikan krisis, sebenarnya sangat simple.

Bagaimana strategi trading akhir pekan ini?
Saham-saham sektor Crude Palm Oil (CPO) mengalami pergerakan yang berarti kemarin sehingga bisa melanjutkan penguatan akhir pekan ini. Trading harian bisa berlaku untuk saham-saham di sektor ini. Tapi, untuk di-hold hingga akhir tahun pun menarik.

Saham apa saja yang jadi pilihan Anda?
PT London Sumatera Plantation (LSIP) dengan target Rp2.600 hingga akhir 2011, PT Bakrie Sumatra Plantation (UNSP) Rp330, dan PT Astra Agro Lestari (AALI) Rp26.000.

Selain sektor CPO?
PT Berlian Laju Tanker (BLTA) Rp250, PT Bhakti Investama (BHIT) Rp325, PT Energi Mega Persada (ENRG) Rp198 dan PT Bumi Resources (BUMI) Rp2.500.

Apa rekomendasi Anda untuk semua saham itu?
Saya rekomendasikan akumulasi beli dengan pola buy on weakness saham-saham tersebut, untuk melakukan akumulasi jual saat target-target tersebut tercapai hingga akhir tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar