Rabu, 23 November 2011

Naik tipis, emas masih akan diburu investor

Naik tipis, emas masih akan diburu investor
JAKARTA. Di tengah kekhawatiran dampak krisis, emas masih mencatatkan penguatan meski sangat tipis. Hingga perdagangan pukul 10:18 WIB, di pasar spot harga emas naik 7,23 poin atau 0,43% ke 1.707,20 per troy ounce. Sebelumnya, emas ditutup menguat 1%.

Aksi beli menjelang berakhirnya kontrak emas berjangka Desember (COMEX) berhasil mengangkat harga emas menuju level US$ 1.700 per troy ounce setelah sempat tergerus 5% dalam lima sesi terakhir.

Erwin Poernomo, Analis Valbury Asia Futures melihat secara teknikal, meski mencatat keuntungan pada Selasa lalu, emas masih rentan terkoreksi setelah diperdagangkan di bawah level kunci di MA 100 sesi sebelumnya. "Sedangkan level support berikutnya untuk emas berada di sekitar MA 200 yaitu US$ 1.595 per ons,” ujarnya.

Meski secara fundamental status safe haven emas sempat meredup, memburuknya situasi di Eropa akan memicu minat beli investor. Yang jelas, "Waspadai level resistance kami di sekitar US$ 1.729,34-US$ 1.737,09," saran Erwin.

Analis juga yakin, emas masih akan diburu sejalan dengan kekhawatiran yang terjadi di Amerika Serikat (AS) yang baru saja gagal meloloskan pemangkasan defisit anggaran.

"Tingkat kekhawatiran akan lebih luas. Minat investor akan meningkatkan eksposur dan mendorong mereka menambah posisi di emas," ujar Suki Cooper, analis Barclays Capital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar