Rabu, 23 November 2011

Data China Tekan Bursa Eropa Negatif

Medium
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa melemah ke posisi terendah selama tujuh pekan pada pembukaan perdagangan Rabu (23/11) dengan penurunan data manufaktur China.

Indeks FTSE turun 0,5% ke 5.176, indeks CAC turun 0,9% ke 2.844, indeks DAX turun 0,4% ke 5.513, demikian mengutip yahoofinance.com. Penurunan dialami saham BHP Billiton yang turun 2,1%, saham Logica Plc dan Anglo-Ducth turun 1%.

"Pasar Eropa kemarin ditutup dengan catatan suram. Hari ini pasar akan bullish dengan rendahnya data manufaktur China yang menunjukkan kontraksi sehngga menambah berat pergerakan indeks," kata Jinathan Sudaria, analis dari London Capital Group yang dikutip dari bloomberg.com.

Manufaktur China menyusut ke level terendah sejak 32 bulan terakhir pada November ini. HSBC menyiratkan indeks manufacturing purchasing manager (PMI), indikator paling awal dari kegiatan industri di China, menurun pada bulan November sampai 48, terendah sejak Maret 2009.

Data menunjukkan mesin pertumbuhan dunia ini tidak kebal terhadap kesulitan ekonomi luar negeri, dan selanjutnya bisa membuat bingung pasar keuangan yang telah bergolak oleh krisis utang Eropa yang memburuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar