Selasa, 15 November 2011

Tingkat kepercayaan investor tergerus, bursa Asia memerah

Tingkat kepercayaan investor tergerus, bursa Asia memerah
TOKYO. Satu per satu indeks acuan di kawasan Asia berguguran. Sebut saja indeks Nikkei 225 Stock Average yang turun 0,59% dan indeks S&P/ASX 200 yang turun 0,3%. Alhasil, indeks MSCI Asia Pacific ikut turun sebesar 0,3% menjadi 118,38 per pukul 09.16 waktu Tokyo.

Saham-saham berkapitalisasi besar pun mencatatkan penurunan. Ambil contoh, Sony Corp yang turun 1,9% di Tokyo. Sementara, Paladin Energy Ltd naik 8,4% di Sydney setelah Perdana Menteri Australia Julia Gillard mencari jalan untuk mencabut larangan pengiriman uranium ke India.

Tingkat kepercayaan investor kembali terguncang pagi ini setelah beban biaya pinjaman Italia menanjak tinggi. Investor cemas, krisis utang Eropa akan menyebar dan menurunkan minat investor atas aset-aset berisiko.

"Lelang obligasi di Italia malam kemarin menggarisbawahi bahwa investor tidak mau membayar lebih banyak risiko pada tahapan ini karena ketidakpastian yang terjadi. Investor harus jeli untuk melihat kesempatan kapan waktu jual dan kapan waktu beli sehingga tidak terjebak di dalam pada saat pasar berubah histerikal," jelas Tim Schroeders dari Pengana Capital Ltd di Melbourne.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar