Selasa, 15 November 2011

Harga minyak merosot tersengat sentimen Italia

Harga minyak merosot tersengat sentimen Italia
NEW YORK. Harga kontrak minyak dunia ditransaksikan melorot pagi tadi. Harga kontrak minyak untuk pengantaran Desember turun 85 sen menjadi US$ 98,14 per barel di New York Mercantile Exchange. Jika dihitung, sepanjang tahun ini, harga kontrak minyak sudah naik 7,4%.

Pada pekan lalu, harga minyak mencatatkan kenaikan sebesar 5% dan kenaikan tersebut sudah terjadi selama enam minggu berturut-turut.

Sementara itu, harga kontrak minyak jenis Brent untuk pengantaran Desember turun 2% menjadi US$ 111,89 per barel di ICE Futures Europe Exchange London.

Pergerakan harga minyak tersebut dipengaruhi oleh tingkat yield obligasi Italia berjangkawaktu lima tahun yang menanjak. Selain itu, tingkat yield dari obligasi sepuluh tahun Spanyol juga melonjak menembus rekor tertinggi di era-euro.

"Investor mulai menyadari, reformasi di Italia tidak bisa diselesaikan hanya dalam kurun waktu semalam. Penanganan masalah perekonomian Italia dan sistem politik membutuhkan waktu yang cukup panjang," jelas Michael Lynch, president of Strategic Energy & Economic Research di Massachusetts.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar