Selasa, 15 November 2011

Mayoritas bursa Asia dilanda aksi jual hari ini

Mayoritas bursa Asia dilanda aksi jual hari ini
TOKYO. Hingga transaksi sore, mayoritas indeks acuan di kawasan Asia mencatatkan penurunan. Indeks Nikkei 225 Stock Average, misalnya, turun 0,7%. Sementara, indeks Hang Seng Hongkong turun 1,2% dan indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,4%. Sedangkan indeks Kospi Korea Selatan turun 0,9%.

Alhasil, pada pukul 15.31 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,9% menjadi 117,64. Sepuluh sektor yang ditransaksikan kompak memerah. Dari setiap tiga saham yang turun, hanya ada satu saham yang berhasil naik. Kemarin, indeks acuan di kawasan regional ini naik 1,2%.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: Standard Chartered Plc yang turun 4,1% di Hongkong, Elpida Memory Inc anjlok 9,1%, dan Evergrande Real Estate Group Ltd yang turun 6%.

Disinyalir, sentimen negatif masih berasal dari kawasan Eropa. Salah satunya yakni beban biaya pinjaman Italia menanjak tinggi. Kondisi itu menyebabkan investor cemas akan penyebaran krisis utang di Eropa.

"Pelaksanaan lelang obligasi di Italia tadi malam menggarisbawahi bahwa investor tidak mau membayar lebih besar atas risiko pada tahapan ini," jelas Tim Schroeders dari Pengana Capital Ltd di Melbourne.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar