Selasa, 15 November 2011

Ups! Obligasi Italia Naik, Wall Street Menukik

Headline
INILAH.COM, New York - Bursa saham Amerika Serikat ditutup melemah pada perdagangan saham Senin (14/11) karena imbal hasil obligasi naik di Italia dan negara-negara zona Eropa.

Saham bank mencatatkan penurunan terbesar, tapi volume keseluruhan indeks turun. Indeks bank KBW turun 2,5% dengan saham Bank of New York Mellon turun lebih dari 4%. Indeks Dow Jones turun 74,70 poin atau 0,61% ke level 12.078,98. Indeks S&P 500 turun 12,07 poin atau 0,96% ke level 1.251,78. Indeks Nasdaq turun 21,53 poin atau 0,80% ke level 2.657,22.

Sebelumnya pengangkatan seorang teknorat untuk kepala pemerintahan baru di Italia setelah pengunduran diri Silvio Berlusconi memberikan kelegaan.Tapi sisi lain memberi jalan kekhawatiran, langkah-langkah penghematan tidak populer tidak akan cukup untuk memperbaiki keuangan negara. Imbal hasil obligasi di Italia, Perancis, dan Spanyol pun naik lebih tingg dari akhir pekan lalu.

Meningkatknya imbal hasil obligasi sedang diawasi dengan hati-hati karena setiap kenaikan suku bunga mengancam kemampuan Italia dan negara-negara lain untuk membiayai kegiatan.

"Itu tanda-tanda pembalikan dari apa yang telah menjadi tren yang lebih menguntungkan di Eropa adalah apa yang pasar (ekuitas) khawatir tentang hari ini," ujar Jeff Kleintop, Chief Market Strategist di LPL Financial seperti dikutip dari yahoofinance.com.

Akhir-akhir ini saham difokuskan pada berita utama dari Eropa karena para pelaku pasar bereaksi terhadap meningkatnya krisis utang negara di zona Eropa. Imbal hasil obligasi Italia naik di atas 7% pekan lalu, negara-negara dipaksa dengan beban utang yang lebih rendah untuk mencari dana talangan. Dengan utang lebih dari 2 triliun euro, Italia dianggap terlalu besar untuk bail out.

Volume perdagangan sahham sekitar 5,5 miliar saham yang diperdagangkan di bursa saham New York, NYSE Amex, dan Nasdaq, dibandingkan rata-rata harian tahun ini lebih dari 8 miliar saham.

Membatasi penurunan indeks Dow Jones, saham Boeing Co naik 1,5% menjadi US$67,94 setelah US planemaker mengumumkan pesanan besar. Saham Bank of America Corp turun 2,6% menjadi US$6,05 di mana perseroan akan menjual sebagian besar saham yang tersisa di China Construction Bank Corp sebesar US$6,6 miliar untuk meningkatkan modal. Saham Bank of New York Mellon Corp turun 4,5% menjadi US$20,55. [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar