Jumat, 02 Desember 2011

Data ekonomi AS mengangkat bursa Asia pagi ini

Data ekonomi AS mengangkat bursa Asia pagi ini
HONGKONG. Mayoritas saham di bursa Asia pagi ini mencatatkan kenaikan. Pada pukul 09.38 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1% menjadi 117,25. Selama sepekan ini, indeks Asia sudah naik 7,6%. Ini merupakan lonjakan mingguan terbesar sejak periode yang berakhir 8 Mei 2009 lalu.

Indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang naik 0,1%, indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,3%, dan indeks Kospi Korea Selatan tak banyak mencatatkan perubahan.

Sementara itu, seluruh sektor yang ditransaksikan di indeks MSCI Asia Pacific melaju di zona hijau. Dari setiap tiga saham yang naik, hanya ada satu saham yang turun.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: DeNa Co yang naik 6,5% di Tokyo, Fuji Heavy Industries Ltd anjlok 4,3% di Tokyo, dan Billabong International Ltd naik 3% di Sydney.

Aksi beli yang melanda bursa Asia hari ini disebabkan pertumbuhan manufaktur AS yang lebih baik ketimbang prediksi. Itu artinya, ekonomi AS mampu mengimbangi krisis utang yang melanda Eropa.

Selain itu, kenaikan saham pagi ini juga terjadi setelah harga obligasi Spanyol dan Prancis mencatatkan kenaikan, yang menunjukkan permintaan tinggi atas aset-aset Eropa. Tingginya permintaan tersebut seiring langkah pimpinan Eropa dalam menangani krisis utangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar