Jumat, 23 Desember 2011

Inilah Saham Pilihan Akhir Pekan

INILAH.COM, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan hari ini. Beberapa saham energi layak untuk dilirik di tengah potensi penguatan tersebut.

Pengamat pasar modal Willy Sanjaya mengatakan, indeks pada perdagangan hari ini akan melanjutkan penguatan yang terjadi saat penutupan hari sebelumnya. "Hari kerja tinggal 3-4 hari kerja lagi, banyak emiten yang mau melakukan penutupan buku. Jadi akan banyak saham yang dinaikan harganya," tuturnya kepada INILAH.COM di Jakarta, Kamis (22/12).

Peningkatan harga ini, lanjutnya, memerlukan waktu beberapa hari sehingga IHSG terbuka lebar untuk meningkat bahkan hingga akhir tahun. "Misal harga saham suatu perusahaan Rp2.500 mau dinaikkan ke Rp3.800, itu kan gak bisa dilakukan hanya dalam sehari. Butuh 2-3 hari," ujarnya.

Terkait sentimen krisis utang Eropa, ia menilai, sedikit mereda usai Bank Sentral Eropa (ECB) mengucurkan dana sebesar 489 miliar euro ke bank-bank zona euro, dengan tujuan menambah likuiditas.

Sementara untuk sentimen di dalam negeri, peningkatan rating Indonesia ke investment grade telah mulai memperlihatkan dampaknya. Ia mengatakan, asing terus melakukan pembelian (net buy) dalam beberapa hari terakhir.

Pergerakan IHSG pada akhir pekan ini diperkirakan akan berada pada kisaran 3.765-3.838. "IHSG bergerak di kisaran 3.765-3.838 dengan kecenderungan menguat," ujarnya.

Adapun saham-saham yang menjadi rekomendasi untuk dikoleksi adalah saham-saham sektor energi. Ia menilai, saham di sektor ini masih berpotensi menguat dengan prospek kinerja yang menjanjikan. "Strong buy untuk saham BORN, DEWA, HRUM, BUMI, dan ENRG," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar