Jumat, 23 Desember 2011

Sepanjang pekan ini, yen sudah keok 0,5% terhadap dollar AS

Sepanjang pekan ini, yen sudah keok 0,5% terhadap dollar AS
SINGAPURA. Pergerakan yen di sepanjang pekan ini mencatatkan pelemahan. Pada pukul 10.09 waktu Singapura, yen ditransaksikan pada level 78,12 per dollar dari sebelumnya 78,17 di New York, kemarin. Sejak 16 Desember lalu, yen sudah melemah 0,5%. Ini merupakan pelemahan terbesar sejak 25 November lalu.

Sementara itu, yen ditransaksikan pada level 102,06 per euro dari 102,02 di posisi kemarin. Pelemahan yen terhadap euro di sepanjang minggu lalu mencapai 0,6%. Sedangkan euro berada di posisi US$ 1,3065 dari US$ 1,3050 kemarin.

Pelemahan yen terjadi seiring data positif yang datang dari AS. Sebelumnya, angka pengajuan klaim pengangguran AS mencatatkan penurunan pada pekan lalu. Selain itu, diprediksi, tingkat belanja konsumen dan penjualan rumah baru mencatatkan kenaikan di AS.

"Kita akan melihat adanya optimisme pada awal Januari mendatang. Bagi saya, belum ada nilai instrinsik dalam memegang yen pada jangka panjang," jelas Thomas Averill, managing director Rochford Capital, currency and interest rate risk management company di Sydney.

Catatan saja, di sepanjang tahun ini, yen sudah menguat sebesar 3,8%. Mata uang Negeri Sakura ini menjadi mata uang dengan performa terbaik di antara 16 mata uang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar