Jumat, 23 Desember 2011

Investor optimistis, indeks emerging market dilanda aksi beli

MANILA. Bursa saham emerging market masih melanjutkan relinya di hari yang ketiga. Pada penutupan di New York tadi malam, indeks MSCI Emerging Markets naik 0,4% menjadi 919,55.

Sementara, indeks Bovespa Brazil naik 1,2% ke level tertinggi dalam satu pekan terakhir. Sedangkan BUX Index Hungaria mencatatkan penurunan terdalam dalam sepekan setelah S&P memangkas peringkat utangnya. Sedangkan All Share Index Afrika Selatan naik 0,8%.

Kenaikan pada bursa emerging market tersokong oleh data positif ekonomi AS. Salah satunya adalah penurunan data pengajuan klaim pengangguran AS menjadi 364.000 pada pekan lalu, yang merupakan level terendah sejak April 2008. Selain itu, indeks tingkat kepercayaan konsumen AS juga naik ke level tertinggi dalam enam bulan terakhir.

"Kita melihat adanya data positif pada perekonomian AS. Saya optimistis Eropa akan segera keluar dari krisis. Kombinasi keduanya akan menyokong pasar saham dan kredit pada tahun depan," jelas Robert Talbut, chief investment officer Royal London Asset Management Ltd.

Catatan saja, indeks MSCI emerging market sudah anjlok 20% di sepanjang tahun ini. Sebagai perbandingan, MSCI World index turun 8,3%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar