Jumat, 23 Desember 2011

Optimisme terhadap ekonomi AS masih kuat, Wall Street reli

Optimisme terhadap ekonomi AS masih kuat, Wall Street reli
NEW YORK. Wall Street tampak sumringah pada penutupan kemarin malam. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 naik 0,8% menjadi 1.254. Dengan demikian, dalam empat hari terakhir, indeks S&P 500 sudah melesat 4%. Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,5% menjadi 12.169,65.

Sektor-sektor finansial mencatatkan kenaikan terbesar dalam indeks S&P 500 di antara sepuluh industri lainnya. Saham-saham perbankan seperti Morgan Stanley, Citigroup Inc, dan Bank of America melonjak lebih dari 4,5%. Sementara itu, sejumlah saham lain yang mencatatkan kenaikan di antaranya General Electric Co dan Exxon Mobil Corp yang naik setidaknya 1,4%. Lonjakan juga terjadi pada saham Akamai Technologies Inc yang meroket 19%.

Aksi beli terhadap Wall Street terjadi data pengajuan klaim pengangguran lebih baik ketimbang prediksi. Selain itu, tingkat kepercayaan konsumen juga meningkat yang mengindikasikan optimisme terhadap perekonomian AS.

"Perekonomian AS lebih kuat dari yang dipikirkan orang. Investor khawatir mengenai apa yang terjadi di Eropa. Kita harus memisahkan antara fundamental perekomian domestik yang positif dengan kondisi psikologis yang negatif. Masa bearish akan terbukti salah," jelas Philip Orlando, chief equity market strategist Federated Investors Inc.

Catatan saja, reli yang terjadi selama tiga hari pada indeks S&P 500 memangkas penurunan di sepanjang 2011 menjadi 0,3%. Meski begitu, indeks masih rendah 8% dari posisi tertinggi tahun ini yang terbentuk pada April lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar