Kamis, 15 Desember 2011

Krisis Eropa Hanya Sedikit Tekan Ekonomi AS

Medium
INILAH.COM, Jakarta - Krisis utang Eropa mungkin hanya menurunkan pertumbuhan ekonomi AS satu persentase poin tahun depan.

Hal ini disampaikan ekonom Goldman Sachs seperti dikutip Reuters. Apakah besarnya utang yang meruntuhkan ekonomi zona euro akan menyebar ke Amerika yang telah menjadi pertanyaan besar di pasar, menyebabkan saham untuk merosot secara bertahap di setiap sesi minggu ini dan mengajukan pertanyaan tentang berapa banyak hal yang bisa lebih buruk.

Di jantung pertanyaan untuk AS telah menjadi rekanan risiko atau kesempatan bahwa satu sisi tidak dapat hidup ke sebuah perjanjian dan seberapa besar kerusakan akan terjadi dalam hal terjadinya default utang Eropa yang besar-besaran.

Goldman menempatkan figur rekanan pada $1,8 triliun, di mana itu 3,3 persen dari total utang luar biasa di Amerika Serikat.

Perbankan di zona euro harus mengurangi pinjaman ke Amerika Serikat dengan perkiraan sebesar 25%, yang akan memotong 0,4 persen dari pertumbuhan. Yang pada gilirannya akan menyebabkan penghematan di antara bank domestik yang mungkin akan melihat produk domestik bruto AS kehilangan satu persentase poin secara keseluruhan. Dengan konsensus untuk pertumbuhan PDB AS di sekitar 2,5 persen, yang kira-kira menyumbang proyeksi Goldman bahwa tingkat keseluruhan akan menjadi 1,5 persen.

"Pengurangan pinjaman bank asing ke mitra AS dapat memiliki dampak yang berarti pada pertumbuhan AS," ujar Kepala ekonom Goldman Jan Hatzius dalam catatan risetnya. "Saat angkanya tidak besar, sangat penting untuk dicatat bahwa efek keseluruhan dapat secara signifikan jika perilaku bank asing lebih besar ketimbang bank domestik AS."

Data baru-baru ini dari survei Federal Reserve Senior Loan Officers menungkapkan poin-poin suatu perlambatan dalam pinjaman, terutama di komersial dan industri. Sementara sebagian besar bank-bank domestik menunjukkan pelonggaran standar dari 22,7 persen dari bank asing, menunjukkan mereka sedang melakukan pengetatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar