Rabu, 07 Desember 2011

November, Ekspor China Lebih Rendah

November, Ekspor China Lebih Rendah
INILAH.COM, Beijing - Tingkat pertumbuhan ekspor China bulan November melambat dibandingkan bulan Oktober.

Pertumbuhan Ekspor bulan November akan lebih lambat daripada Oktober," kata Wakil Menteri Perdagangan China, Chong Quan dalam media briefing, Rabu (7/12). Demikian mengutip reuters.com.

China akan merilis data perdagangan bulan November pada Sabtu (10/12) mendatang. Ekonom memperkirakan pertumbuhan ekspor tersebut berada di level terendah dalam 2 tahun terakhir. Hal ini berbanding terbalik saat perayaan dan liburan tahun baru Imlek pada bulan Februari.

Pertumbuhan ekspor bulan Oktober mencapai 15,9%. Angka ini merupakan pertumbuhan paling lambat dalam delapan bulan dan paling lambat sejak November 2009.

Bagi China, sektor ekspor merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi negara tirai bamu ini. Ekonom memperkirakan kondisi ini sebagai dampak dari krisis utang Eropa dan belanja konsumen di AS yang mengalami pelemahan.

Direktur Departemen Perdagangan China, Shouwen Wang mengatakan ekspor China akan menghadapi masa sulit pada tahun 2012. Hal ini karena menurunnya pesanan dari luar negeri dan meningkatnya biaya produksi.

"Tahun depan, tidak akan ada perbaikan fundamental di Eropa dan AS. Jadi situasi perdagangan luar negeri akan semakin sulit," kata Wang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar