Kamis, 12 Januari 2012

Minim faktor fundamental, harga minyak masih melandai

Minim faktor fundamental, harga minyak masih melandai
NEW YORK. Harga kontrak minyak dunia mencatatkan penurunan tadi malam. Asal tahu saja, harga kontrak minyak untuk pengantaran Febuari turun US$ 1,37 menjadi US$ 100,87 per barel di New York Mercantile Exchange. Sepanjang tahun ini, harga minyak sudah naik 11% dibanding tahun sebelumnya.

Sementara itu, kontrak harga minyak jenis Brent untuk pengantaran Febuari turun 0,9% menjadi US$ 1,04 dan berakhir di level US$ 112,24 per barel di ICE Futures Europe Exchange.

Penurunan harga minyak terjadi setelah suplai minyak dan bahan bakar mencatatkan kenaikan melampaui estimasi. Faktor lainnya, investor mencemaskan kontraksi perekonomian Jerman akan menyeret Eropa ke jurang resesi.

"Faktor fundamental penyokong harga minyak masih minim. Lihat saja data cadangan minyak dan kontraksi perekonomian Jerman di kuartal empat 2011 semakin menekan harga minyak," jelas John Kilduff, partner Again Capital LLC di New York.

Sekadar tambahan informasi, cadangan minyak mencatatkan kenaikan menjadi 34,6 juta barel pada pekan lalu. Ini merupakan level tertinggi sejak pekan yang berakhir 2 Desember lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar